Diperoleh
dengan metode :
a. Setiap subyek sebagai pengontrol
dirinya sendiri. Disini subyek diberikan dua perlakuan yang berbeda
Contoh
: Misalnya seorang peneliti ingin meneliti apakah metode belajar ceramah lebih
efektif dibandingkan dengan metode belajar persentasi di SMA Negeri 111 Medan.
Peneliti memilih siswa kelas XIA sebagai sampel penelitian karena
sesuai dengan cirri yang diinginkan. Sehingga siswa kelas XIA diberi
perlakuan dua kali. Yaitu, dengan metode balajar ceramah dan metode belajar
persentasi.
b. Memasangkan subyek dengan subyek lain
yang memiliki cirri yang sama. Lalu keduanya diberi perlakuan yang berbeda.
Contoh : Jika tidak memungkinkan untuk
memberikan dua kali perlakuan kepada satu kelas atau subyek. Kita bisa mencari
kelas atau subyek dengan ciri yang mirip dengan kelas XIA. Misalnya
kelas XIB. Jadi kelas XIA diberi metode belajar ceramah dan kelas XIB
diberi metode belajar persentasi. Atau sebalinya.
Sampel Independent
Diperoleh dengan metode :
a. Ditarik secara random dari dua populasi
Contoh : Seorang peneliti ingin menyelidiki tentang
implementasi kurikulum baru di SMA Negeri 111 Medan. Misalnya di SAM tersebut
terdapat 500 SMA, maka ia menyiapkan potongan kertas lalu nama ke SMA ditulis
pada masing-masing kertas, lalu kertas digulung, dikocok kemudian dipilihnya SMA.
b. Sampel-sampel muncul karena diterapkan
secara random dua perlakuan terhadap anggota-anggota sampel yang asal usulnya
sembarangan.
Contoh : Diambil dari contoh diatas. Peneliti
menentukan dulu SMA di kota dan kabupaten yang tergolong SMA kategori baik,
sedang, dan kurang. Kemudian ia menentukan beberapa kota dan kabupaten lalu
memilih masing-masing SMA kategori baik, sedang dan kurang.
1 komentar:
How to make money from slot machines: The 5 Best Payout Casinos
Slot machines let หารายได้เสริม you spend their hours septcasino playing casino games. If you are looking for an easy way to earn some money by taking advantage of the deccasino bonuses,
Posting Komentar